Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pengertian Tipe Data Array, Object, Resources, dan Null

Asslmualaikum Warahmatullahi Wabarakatu
Bismillahirrahmanirrahiim
Sebelum kita memulai mengerjakan sesuatu ada baiknya kita berdoa terlebih dahulu agar apa yang kita kerjakan dapat berkah dari allah SWT, Amiin.






Tipe Data Array

Array adalah satu rangkaian elemen (variabel) bertipe sama yang menempati  memori secara teratur yang dapat diacu/diakses secara individu dengan menambahkan suatu index (subscript) kepada suatu nama unik. Array sering juga disebut larik.
PHP mendukung penggunaan array untuk berbagai tipe data. PHP akan mengidenfitkasi secara otomatis tipe data yang sesuai tanpa harus dideklarasikan sebelumnya.
Dibawah ini merupakan contoh dari penggunaan array di PHP.

<html>
<head>
<title> Contoh Penggunaan Array </title>
</head>
<body>
<?php
//menciptakan array
$warna=array("Red","Green","Blue");
//mengakses array
echo "<h3> Elemen Array</h3>";
echo"\$warna[0] = $warna[0]<br>";
echo"\$warna[1] = $warna[1]<br>";
echo"\$warna[2] = $warna[2]<br>";
?>
</body>
</html>

Hasil eksekusi Program diatas adalah seperti gambar dibawah ini :



Setiap elemen pada array dibedakan berdasarkan nomor index. Jika nomor index tidak ditentukan, maka secara default data pertama akan diidentifikasi oleh PHP dengan index (nomor elemen array)=0, data kedua =1, data ketiga=2, dan seterusnya. Array bernomor index disebut array ber-index, tetapi PHP juga mengenal array yang setiap elemenya dapat diacu dengan index berupa string atau pun nomor yang disebut array asosiatif. Penamaan suatu array sama seperti penamaan variabel yang diawali dengan tanda dollar ($) diikuti dengan nama, kemudian kurung siku buka ([) dan kurung siku tutup (]). Nama array digunakan untuk mengkases array. Untuk penjelasan array lebih lanjut akan hadir pada postingan mendatang.

Tipe Data Object

Tipe data object adalah tipe data yang memiliki kombinasi struktur data/atribut dan beberapa fungsi/method. Tipe data object pada PHP adalah untuk mendukung pemrograman berorientasi object.

Resources
Sutatu resources adalah suatu variabel khusus sebagai suatu acuan terhadap suatu external resources. Resources diciptakan dan digunakan oleh fungsi khusus.

Tipe Data Null
Nilai NULL menyatakan bahwa suatu variabel tidak memiliki nilai. NULL hanya merupakan nilai mungkin dari tipe NULL yang telah diperkenalkan pada PHP 4, dan keyword NULL adalah Case sentsitive. Sutatu variabel dianggal NULL, jika:
* suatu variabel diberi nilai konstanta NULL
* suatu variabel belum pernah diisi nilai
* suatu variabel telah dikenakan fungsi un_set()
sampai disini dulu tutorial dari saya , Semoga tutorial ini bermanfaat bagi sobat, , atas segala kekuranganya mohon dimaafkan dan di beri saran untuk file pdfnya bisa didownload disini.

Post a Comment

1 Comments

Berkomentarlah dengan baik dan sopan

Rekomendasi Untuk Anda × +